Monday, November 12, 2018

Español Básico - ME GUSTA


Kali ini saya mau share tentang cara menyatakan "saya suka... " dalam bahasa spanyol.


Di sini kita akan sedikit bahas kata kerja GUSTAR (to like)

Sebelumnya saya mau kepo nih.  Ada yang tau caranya bilang "saya suka...  " dalam bahasa spanyol? 

Misal "saya suka musik".

saya suka musik = me gusta la música.

Me gusta = I like it


Jadi kalau mau bilang "saya suka.....  " gunakan si me gusta tadi. 

Contohnya seperti yang dibuat di atas. 

Saya suka musik = me gusta la música


Kalau tidak suka,  tinggal tambahkan kata no di depannya. 

No me gusta... 

_______________________

Ada yang mau coba buat kalimat?
Misal "saya suka menari" atau apalah-apalah... 
Hal-hal yang kalian sukai,  atau kegiatan yang kalian senangi

Saya suka nyanyi= me gusta cantar

I like all types of music = me gusta todo tipo de música

I like to bake (bikin kue maksudnyah) = me gusta hornear pasteles

I like to be with my friends = me gusta estar con mis amigos

I like to read= me gusta leer

I like to buy clothes = me gusta comprar ropa

I like baseball = me gusta el béisbol

I like cake = me gusta el pastel

I like cheese = me gusta el queso

I like chicken = me gusta el pollo

I like dancing = me gusta bailar

I like drawing = me gusta dibujar


Oke, sekarang coba lihat yang berikut ini. Apa bedanya dengan yang sebelumnya?

I like dogs = me gustan los perros

Ada yang nyadar apa bedanya?

Bedanya, yang satunya "me gusta..." , yang satunya "me gustan..."

Ada yang tau nda, kenapa ada yang pakai "gusta" dan ada yang "gustan" ?

Jadi, "gusta" digunakan untuk kata benda singular, sementara untuk kata benda plural kita gunakan " gustan"


Dalam contoh " I like dogs" itu menjadi " me gustan los perros" karena yang disukai adalah benda yang jumlahnya banyak (the dogs) makanya menggunakan "gustan"

Sekarang, ada nyadar lagi ga, kata "gusta" tadi digunakan bersama kata apa aja selain kata benda? hehe

Selain kata benda tunggal juga digunakan untuk kata kerja dalam bentuk infinitivo (bentuk dasar). Misal seperti bailar (menari), dibujar (menggambar), leer (membaca), comprar (membeli), cantar (menyanyi) dsb

Maka, kalau mau bilang
"saya suka menyanyi dan menari" itu jadinya " me gusta cantar y bailar"

Meskipun itu ada 2 kata kerja (atau lebih), tetap gunakan "gusta" ya...

Ingat gustan hanya untuk kata benda yang jumlahnya jamak.

Biasanya nanti teman-teman akan menemukan kata " a mí " di depan kata " me gusta ". Itu untuk memberi penekanan kepada orang yang sedang dibicarakan.

Mungkin di bahasa Indonesia temen-temen sering bilang "bagi saya... Saya suka menyanyi", "kalau saya pribadi...saya suka nyanyi"  nah si " a mí " tadi perannya semacam itu... 
Menunjukan penekanan   bahwa si pembicara/orang yang sedang dibicarakan menyukai sesuatu

Jangan lupa kata mí  nya ada tanda aksen di atas huruf i nya yah...  Jangan lupa ditulis (haha)

Terus,  kalo misalnya ada temen bilang

A mí me gusta bailar = saya suka menari.

Kemudian kita mau bilang "saya juga suka" maka bisa katakan " a mí también"

También = juga


Saya suka menari = a mí me gusta bailar

Saya juga suka = a mí también

Saya tidak suka = a mí no

Saya ngga suka opera = no me gusta nada la ópera

Saya juga nggak suka = a mí tampoco

Tampoco = tidak juga (neither)

_________________________

Tadi kita sudah bahas cara menyatakan "saya suka"

Sekarang saya akan share cara untuk menyatakan "kamu suka... "

Kamu suka =  (a ti)  te gusta

Kamu suka musik?  = ¿Te gusta la música?

Ini kan untuk bentuk informal,  bentuk kamu (tú), gunakan "te gusta/n".

Untuk bentuk formal, bentuk lebih sopan, Anda (usted)  gunakan  (bawah)

(a usted) le gusta/n

Anda suka rotinya?  = ¿Le gusta el pan? 

Bentuk seperti ini juga berlaku untuk dia laki-laki (él) dan dia perempuan (ella)

Dia(laki-laki) suka berenang dan main tenis= (a él) le gusta nadar y jugar al tenis

Dia (perempuan) tidak suka memasak = (a ella)  no le gusta cocinar

Maria suka menyanyi dan menari = A María le gusta cantar y bailar

Luis tidak suka memasak = A Luís no le gusta cocinar


Kalau subyeknya adalah "dia" atau "Anda" gunakan "le gusta".

Dia (perempuan) suka... =  a ella le gusta/n...

Dia (laki-laki) suka...  = a él le gusta/n ...

Anda suka...  = a usted le gusta/n...

______________________
Selanjutnya,  untuk subyek "kami", gunakan "nos gusta/n"...

Kami (laki-laki/campuran) suka ... = (a nosotros) nos gusta/n...

Kami (perempuan)  suka...  = (a nosotras) nos gusta/n


_____________________

Untuk subyek "kalian", gunakan "os gusta/n"

Kalian (laki2/campuran) suka...  = (a vosotros) os gusta/n ....

Kalian (perempuan)  = (a vosotras) os gusta/n ...

_______________

Untuk subyek "mereka" dan "Anda sekalian", gunakan "les gusta/n"

Mereka (laki2/campuran) suka.... = (a ellos) les gusta/n

Mereka (perempuan) suka...  = (a ellas) les gusta/n

Anda sekalian suka...  = (a ustedes) les gusta/n...

______________

Oiya,  kalau gusta = suka.  Ada tingkatan yg lebih tinggi dari GUSTAR.  yaitu ENCANTAR.  cara penggunaannya sama. 

Encanta/encantan.


gustar = to like
encantar = to love


Coba ini artinya apa hayoo??


Ini juga artinya apa hayooo



Rangkuman keseluruhan tentang verbo GUSTAR


Ini boleh ditonton lohh






No comments:

Post a Comment