Thursday, September 6, 2018

Español Básico #3 LOS PRONOMBRES PERSONALES DE SUJETO

Español Básico #3

Silakan tonton video pada link berikut untuk kembali
mengingatkan apa yang telah kita pelajari  sebelumnya 👉 https://drive.google.com/file/d/1jsizKYd0gHMCwnspkrwR1HhG6T1Nf1N1/view?usp=drivesdk


Baik, mari kita mulai. Ini hanya sedikit mengingatkan kembali materi beberapa pekan lalu. Kalau merasa ketinggalan boleh dicek di post sebelumnya.



> Ketika ingin menanyakan bagaimana kabar seseorang bisa menggunakan ¿Cómo estás? atau ¿Qué tal?

cara meresponnya pun ada banyak. Pada gambar ada beberapa respon yang simple. Jangan lupa setelah menjawab, ucapkan "gracias" (terima kasih) dan tanyakan "  ¿y tú? " (dan kamu?) atau " ¿y usted? " (dan Anda?)
agar lebih sopan




>Kemudian untuk menanyakan nama bisa gunakan ¿Cómo te llamas? atau ¿Cuál es tu nombre?
Beberapa cara menanyakan nama bisa dilihat pada gambar.
 Mungkin nanti teman-teman juga akan menemukan ¿Cuál es tu apellido? yang berarti menanyakan nama belakang/nama keluarga.

Nombre = nama depan/nama pertama

Apellido = nama keluarga/nama belakang/marga (baca: apeyido)




>Vale, kita masuk ke bagian yang pembahasannya agak serius. Kita akan bahas " los pronombres personales de sujeto " atau subject pronouns atau kata ganti orang dalam bahasa Spanyol.

kita punya

YO = saya

= kamu

ÉL = ia (laki-laki)

ELLA = (ia perempuan)
USTED = Anda

NOSOTROS = kami (laki-laki) , bentuk femininnya adalah NOSOTRAS

VOSOTROS = kalian (laki-laki), bentuk femininnya adalah VOSOTRAS

ELLOS = mereka (laki-laki)
ELLAS = mereka (perempuan)
USTEDES = Anda sekalian





Kenapa kita perlu mempelajari ini? Kita perlu mengetahui sujeto dalam bahasa Spanyol agar kita bisa menunjuk orang dengan sebutan yang sesuai dan sujeto ini nantinya akan menentukan perubahan kata kerja dalam kalimat (konjugasi)



>Hal-hal yang perlu diperhatikan:

- Perhatikan kata yang memiliki tilde (tanda aksen di atas huruf) dan biasakan menulis dengan menggunakan tilde. Mengapa? Karena kata yang ada tildenya dan yang tidak ada tildenya  memiliki arti yang berbeda. Misal:

ÉL = HE
EL = THE

TÚ = YOU
TU = YOUR

- (kamu) digunakan untuk orang yang kita kenal dekat, teman, anggota keluarga, orang yang seusia kita, dan yang lebih muda. USTED (anda) digunakan kepada orang yang lebih tua, orang yang kita hormati, atau dalam situasi resmi.

- NOSOTROS ( KAMI ) merujuk kepada sekelompok laki-laki atau campuran (ada laki-laki dan perempuan dalam kelompok tersebut/ setidaknya ada satu laki-laki). Tetapi jika kelompok tersebut hanya terdiri dari perempuan saja maka digunakan NOSOTRAS.

-VOSOTROS (KALIAN) merujuk kepada sekelompok laki-laki atau campuran (ada laki-laki dan perempuan dalam kelompok tersebut/ setidaknya ada satu laki-laki). Tetapi jika kelompok tersebut hanya terdiri dari perempuan saja maka digunakan VOSOTRAS.

- Vosotros/vosotras hanya digunakan di España. Di negara-negara Amerika Latin umumnya menggunakan USTEDES untuk menyebut "kalian"

-Usted ketika ditulis dapat disingkat menjadi Ud. atau Vd.

-Ustedes ketika ditulis dapat disingkat menjadi Uds. atau Vds.


Info tambahan : di beberapa negara seperti Argentina, Uruguay, Honduras, Guatemala, El Salvador, Nicaragua, Costa Rica, menggunakan VOS sebagai pengganti TÚ untuk menyebut KAMU.


No comments:

Post a Comment