Thursday, September 6, 2018

Los Artículos

Artikel "THE" dalam bahasa Spanyol terbagi 2: feminin; yakni LA,
dan maskulin; yakni EL (perhatian jangan tertukar antara EL dan ÉL).

Sedangkan untuk "A" dalam bahasa Spanyol juga terbagi menjadi UN (untuk artikel yang maskulin) dan UNA  (untuk artikel yang feminim).

Keempat artikel EL, LA, UN dan UNA memiliki bentuk jamak, yakni:
- EL > LOS
- LA > LAS
- UN > UNOS
- UNA > UNAS




Ingat bahwa gender pada artikel selalu mengikuti gender pada objek 😊

contoh:

- El bolígrafo. (The pen)
- La nariz. (The nose)
- Los árboles. (The trees)
- Las camas. (The beds)
- Un libro. (A book)
- Una lámpara. (A lamp)
- Unos huevos. (Some eggs)
- Unas manzanas. (Some apples)

😉😃















Kalau kita berbicara tentang mayoritas kelompok kata benda dengan gender maskulin dan feminim, maka dapat kita bagi menjadi 2 kelompok mayoritas:

1. Untuk mengetahui apakah objek maskulin, mayoritas kata benda dengan akhiran O (contoh: sombrero; plato; vaso dll), dan tentunya noun dengan gender laki-laki adalah maskulin (contoh: hermano; gato, padre, dll)

2. Dan mayoritas kata benda dengan akhiran A, Z, -ción, -sión, -dad, -tad (contoh: cámara, mesa, proclamación, televisión, universidad, facultad, dll) adalah feminim.

Dengan pengecualian: día (hari), mapa (peta), dan sofá (sofa). Kata benda berakhiran A, yang memiliki pengecualian lain adalah kata kerja SERAPAN yang berasal dari bahasa Yunani, yang berakhiran -ma (contoh: drama, problema, tema, coma), dan yang berakhiran dengan -ta (contoh: planeta, profeta).

Sedang untuk akhiran dengan alfabet di luar 2 kelompok mayoritas di atas, mereka memiliki gender yang random :)

Dan mohon diingat selalu ada PENGECUALIAN untuk kedua kelompok mayoritas tersebut di atas. Kunci nya adalah membiasakan diri dengan mencari tahu gender suatu kata benda ketika membaca, seiring dengan waktu akan terbiasa dengan sendirinya .... 😉😉😃





No comments:

Post a Comment